RSS
Facebook
Twitter

Tuesday, March 6, 2012

Thomas Alva Edison


Siapa yang enggak kenal sama tokoh penemu ini,Thomas Alva Edison seorang penemu terbesar didunia. Bayangin aja ia udah menemukan 3.000 penemuan, diantaranya lampu listrik,sistem distribusi listrik, lokomotif listrik,stasiun tenaga listrik,mikrofon, kinetoskop ( proyektor film), laborato-rium riset untuk industri, fonograf ( yang berkembang sekarang menjadi Tape Recorder). dan kinetograf (kamera film). Ya kebanyakan penemuannya yaitu tentang listrik cerdas banget kan ni orang. Ia merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara dan lahir tanggal 11 februari 1847 di Milan.Ohio Amerika serikat (bukan Italy ya).Buah perkawinan dari Samuel Ogden, Keturunan Belanda Nancy Elliot.
Kalau ditelusuri ini jejak Thomas Alva Edison, sewaktu kecil  tidak ada hal aneh dalam proses kelahiran anak ini. Namun ketika sudah mulai bertumbuh, terlihat mulai aneh bin aneh dengan anak-anak yang lain.Bayangin aja waktu umur 6 tahun ia pernah mengerami telur Ayam hehehe unik bukan?.Setelah umur 7 tahun, ia masuk sekolah. Tapi malang tiga bulan kemudian dia dikeluarkan dari sekolah. Gurunya menilai anak ini terlalu idiot (bodoh) tak mampu menerima pelajaran apapun.

Untunglah her mother (ibunya). Nancy pernah berprofesi guru. Sang ibu mengajarinya membaca, menulis dan berhitung. Ternyata anak ini dengan cepat menyerap apa yang diajarkan sama ibunya. Anak ini kemudian sangat gemar membaca berbagai jenis buku. Berjilid-jilid ensikolepedia dibacanya tanpa jemu. Ia juga membaca buku sejarah Inggri dan Romawi,Kamus IPA karangan Ure dan Principia karangan Newton. Dan buku ilmu Kimia karangan Richard G Parker. Selain itu, ia juga anak yang sangat memahami kondisi ekonomi orang tua nya.
Pada umur 12 tahun ia tak pernah enggan jadi pengasong kora,kacang,permen, dan kue dikereta api, sebagian keuntungannya diberikan kepada orang tuanya . Hebatnya saat berjualan di dalam kereta api itu, ia gemar pula melakukan eksperimen. Bahkan sempat menerbitkan koran Weekley Herald. Suatu ketika, Saat bereksperimen, sebuah gerbong hampir tebakar karena cairan kimia tumpah Weizz ngeri yaa. Kondektur amat marah dan menamparnya hingga pendengarannya rusak. Kemudian Sejarah ilmu pengetahuan mencatat nama orang yang hidup di taun 1847-1931 ini (meninggal du West Orange, New York, Pada tanggal 18 Oktober 1931 silam. Ia tutup usia pada umur 84 tahun.Sebagai penemuan terbersar didunia dengan mempunyai 3000 penemuan .ia bahkan pernah menemukan 400 macam penemuan dalam masa 13 Bulan Wow keren. Nah dari situ penulis mengambil kesimpulan bahwa tokoh ini mempunyai semangat yang tinggi walaupun telinganya rusak, dikata bodoh oleh gurunya tetapi dia berhasil dan menjadi seorang Profesor yang mempunyai manfaat untuk dunia sampai sekarang.semoga tulisan ini menjadi bekal kita untuk semangat belajar.
Dikutip dari berbagai sumber
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

  • Blogger Templates

  • Categories

  • Text Widget

    Unordered List


    Get this widget!
  • More Text


    Get this widget!